Menjadi Rockstar saat kopi darat

FreSh 4.0 - Foto dari Aulia Kutukutubuku.com

FreSh 4.0 - Foto dari Aulia Kutukutubuku.com

Dalam artikel sebelumnya saya menyarankan kalian semua untuk bertemu teman baru dan memperluas jaringan. Salah satu cara yang paling mudah untuk melakukan itu adalah dengan bergabung di komunitas internet seperti FreSh, milis webpm web designer/developer, dan tentu saja komunitas pembaca ruangfreelance.com. Saya pribadi senang sekali berbagi pendapat dengan banyak orang, dan tentu saja mendapat kritikan yang membangun.

Berdiskusi secara online memang menarik, tapi akan lebih menarik lagi bila kita bisa bertemu dan berdiskusi dengan mereka secara langsung dalam acara kopi darat. Di kopi darat, kita akhirnya bisa bertemu dengan orang-orang yang kita sering kita ajak diskusi di dunia maya. Bagaimana aslinya mereka, dan bagaimana kehidupan mereka diluar internet.

Bingung saat kopi darat? Takut Anda tidak akan diingat setelah selesai kopi darat? Jangan! Berikut adalah tips untuk menjadi Rockstar saat kopi darat.

Jangan Panik!

Ya mungkin karena Anda memasuki komunitas baru, respon pertama Anda adalah panik. Saya juga dulu begitu, takut tidak cocok, takut kehabisan topik dan yang paling mendasar: takut bertemu orang baru. Jangan takut, dan tentu saja jangan panik. Cobalah beberapa kali kopi darat, pasti lambat laun akan terbiasa dan tentunya menyadari bahwa bertemu orang baru itu menyenangkan, terutama mereka yang mempunyai jalan pikiran yang sama dengan Anda.

Kenalkan diri dengan tegas dan jelas

Kesan pertama sangatlah penting saat bertemu orang baru, apalagi calon klien. Saya sendiri suka bingung dengan mereka yang berkenalan dengan segan-segan. Menampilkan muka lemas seperti belum tidur 2 hari, mata tertunduk dan berjabat tangan dengan sekilas ujung jari. Membuat saya berpikir bahwa mereka sebenarnya tidak berniat atau tidak percaya dengan saya. Saya ga gigit kok! Jabatlah tangan mereka dengan erat, buat kontak mata yang jelas, senyum dengan manis dan bilang dengan tegas nama Anda. Ciptakan kesan pertama yang menggoda, selanjutnya terserah Anda!

Ciptakan topik yang menarik

Kopi darat pasti tidak akan jauh dari cerita dan arisan. Bingung cari topik yang seru? Coba dimulai dengan pertanyaan standar seperti apa pekerjaaan mereka dan sedang mengerjakan apa, kejadian yang sedang populer saat itu atau baru saja terjadi, komunitas apalagi yang diikutinya, dan hal lain yang Anda anggap menarik. Bila lawan bicara Anda berada di komunitas yang sama dengan Anda, besar kemungkinan bahwa mereka mempunyai hobi yang sama dengan Anda sendiri.

Saya sendiri lebih terbiasa bertanya perihal gadget yang dia pakai. Kenapa gadget? Karena itu bidang yang saya sukai dan cukup mudah bagi saya untuk memulai percakapan dengan topik tersebut.ย  Oh satu hal lagi, jangan terlalu banyak berbicara tentang diri sendiri, jaga agar selalu dua arah.

Berkenalan dengan semua orang

Tujuan dari kopi darat sendiri tentunya adalah untuk berkenalan toh? Jadi aktiflah berkenalan dengan semua orang. Tidak perlu semua bila yang mengikuti kopi darat terlalu banyak. Cobalah berkenalan dengan 5-10 orang baru, dan sisanya bisa disusul dilain kesempatan. Tidak perlu terkesan mengejar setoran!ย  Jangan terpaku pada satu individu saja, cobalah untukย  berpindah tempat duduk (bila memungkinkan) agar bisa berbicara dengan semua orang. Tunjukkan sisi personal Anda dan jangan biarkan nama Anda dilupakan dalam sekilas.

Jangan lupa kartu nama

Pertukaran nomor telpon akan memakan waktu dan mungkin akan terkesan aneh bila Anda tanyakan ke sesama jenis (kecuali Anda memang tertarik dalam hal seperti itu). Pertukaran kartu nama terkesan lebih lazim dan tentu saja tidak terpengaruh gender. Saya sendiri sengaja membiarkan pertukaran kartu nama diakhir diskusi agar saya (seharusnya) sudah meninggalkan kesan yang baik ke mereka. Dengan begitu, harapan bahwa kartu nama saya tetap disimpan oleh lawan bicara saya akan menjadi lebih tinggi.

Ok, cukup tips dari saya. Sekarang sering-seringlah pergi ke kopi darat dan jadilah ROCKSTAR!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Tipsnya ada 3 atau ada 5 nich sebenernya? Hehehe, di judulnya 3 tips menjadi rockstar tp di artikelnya ada 5 tips ๐Ÿ˜€

    Dulu setiap kali kopdar atau ketemuan sm calon klien & diminta kartu nama saya selalu bilang kalau kartu namanya habis padahal sebenernya waktu itu ga punya kartu nama hehehe.

  2. says

    selain kartunama juga siapkan brosur sekalian ๐Ÿ™‚ biar lengkap promosi offline-nya, yah kali ajah promosi usaha domain hosting kecil2an buat para blogger ๐Ÿ˜€ *jadi kayak SPG yah*

  3. says

    @jauhari Kita lagi beberes ulang kategorinya biar cocok, jadi sedang dijuggling sana sini. Will be fixed in a couple of days.. ๐Ÿ˜€ (untuk skrng ditaro di kategori lama dulu)

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *