3 cara meningkatkan kualitas dimata klien

Freelance yang kece - photo by ozczecho

Freelance yang kece - photo by ozczecho

Tahun baru tentunya dibarengi dengan banyaknya tantangan baru, kita sebagai freelancer yang kece (baca: awesome!) harus bisa terus mengembangkan kualitas kita dimata klien dan prospek klien agar bisnis bisa terus berjalan. Kita gak mau dong stagnan saja setiap tahun, bisa lari nanti klien-klien kita kalau kita tidak berkembang.

Berikut adalah tips yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kualitas kalian secara cepat. Oh iya artikel ini ditujukan lebih ke profesi web designer.

1. Persingkat waktu penyelesaian

Banyak sekali cara untuk mempersingkat waktu penyelesaian seperti penggunaan Content Management System (CMS) umum seperti Joomla, WordPress, Drupal dan lainnya. Mereka datang dengan banyak sekali tambahan fitur yang bisa kita unduh secara gratis (ada beberapa juga yang berbayar) dan sangat mudah diubah sesuai dengan keinginan kita.

Pusing dengan CSS? Kalian bisa coba menggunakan grid-based CSS layout seperti Blueprint CSS atau 960. Dengan grid-layouting, waktu pembuatan HTML + CSS bisa menjadi sangat dipersingkat.

Workflow ribet? Coba direvisi lagi cara kerja kalian. Mungkin terlalu bertele-tele, atau mungkin terlalu lepas. Jangan takut untuk mengubah cara kalian bekerja karena pengaruhnya akan sangat banyak untuk kedepan dan seterusnya.

Editor tidak cocok? Coba gunakan Coda, Textmate, Adobe Dreamweaver atau banyak lagi yang lain. Jangan lupa untuk mengecek versi terbaru dari editor tersebut, siapa tahu fitur-fitur barunya adalah fitur yang selalu Anda inginkan dan bisa mempercepat waktu kerja.

2. Jangan pernah berhenti belajar

Jangan mau puas dengan yang sudah Anda pelajari! Teknologi setiap hari berkembang dan sangat pesat sekali berkembangnya. Anda harus siap meninggalkan cara lama Anda dan pindah ke cara yang lebih efisien dan lebih baik. Selalu sigap melihat peluang dan teknologi baru yang bisa membantu Anda dan tim Anda bekerja lebih baik.

Saya sendiri dalam tahun 2008 berpindah-pindah dari WordPress, Joomla, Drupal, OsCommerce, lalu mencoba framework PHP seperti cakePHP, CodeIgniter untuk custom web development. Untuk editor saya berganti dari Textmate ke Coda dan untuk CSS saya sudah selalu menggunakan blueprint CSS Framework.

Selalu ada di ujung berita teknologi juga merupakan nilai tambah bagi klien Anda, atau setidaknya Anda akan terlihat sangat tahu segalanya bila sedang berbicara dengan mereka 😛

3. Balas email segera!

Hal ini sering sekali dilupakan dan taken for granted. Banyak dari kita yang jarang bahkan tidak pernah bertemu sekalipun dengan klien kita, sewajarnya dong bagi mereka untuk selalu mengecek pekerjaan kita (baca: panik!). Memang mengganggu si, tapi sungguh sangat baik bila kita bisa segera membalas email mereka walaupun kita hanya membalas: “Ok, akan saya cek hari ini pak.”.

Jangan lupa untuk mengabari klien sering-sering. Saya terkadang mengirimkan email perkembangan secara singkat tentang apa yang sudah saya kerjakan dalam (misalnya) 2 hari ini dengan nada yang cukup santai (semi-formal) dan diakhiri dengan: “sampai bertemu di meeting selanjutnya”. Tidak harus panjang, jangan kaku. Sederhana saja, tapi sering. Hal ini diharapkan bisa membuat klien merasa lebih diperhatikan (dan tentu saja lebih tenang).

Ok, coba kalian lakukan 3 hal tersebut dan bagi pengalaman kalian disini. Apakah berhasil juga bagi kalian?

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Sebuah tips dan masukan yang sangat berharga bagi saya, sesorang yang baru mau masuk ke dunia freelance.
    Mudah2an bisa menjadi motivasi untuk lebih maju.

  2. says

    Freelance itu memang mengasyikkan. Ada perasaan bangga tersendiri saat ketemu klien, karena kita sendiri yang turun langsung ngurus projectnya..

Trackbacks

  1. […] Jika anda bekerja sendiri dari rumah secara online, seperti saya, seringkali kita akan merasa jenuh dan merasa sendiri. Salah satu siasat saya adalah engage klien anda lebih banyak, diluar kerjaan baik via messenger maupun email. Dengan begitu saya bisa lebih merasakan passion dan background dibalik proyek yang sedang saya kerjakan, dan lebih bersemangat. Saya biasanya mencoba mengenal lebih jauh dengan siapa saya bekerja, domisilinya, ketertarikannya, dan lain-lain. Hal-hal lain yang menarik perhatiannya selain proyek yang sedang kami kerjakan bersama ( sebagai klient & kontraktor/freelancer ), tentu tanpa melupakan kewajiban saya dengan baik. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *