3 Alat untuk Menentukan Nilai Proyek

Masih berkutat dengan situasi menentukan nilai proyek? masih bingung?

Apabila Anda masih penasaran dengan nilai jasa Anda, kami sudah menyiapkan 3 aplikasi untuk menentukan nilai atau harga sebuah proyek dengan mudah dan gratis. Semua aplikasi tersebut menggunakan perhitungan jam untuk menentukan sebuah nilai proyek, hasilnya pasti lebih menguntungkan dari pada perhitungan per-proyek.

Saya pribadi merasa perhitungan biaya per-jam saat ini belum dapat diterapkan di Indonesia, kenapa? karena masih banyak freelancer yang tidak dapat bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyeknya sesuai dengan waktu tertentu, apalagi dengan jam. Pengalaman dari saya di iCreativeLabs, dominannya para freelancer hanya mengerjakannya dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), padahal sudah diberikan waktu satu minggu untuk menyelesaikannya. Mereka belum mengenal betul sistem kerja remote layaknya freelancer di luar negeri yang benar-benar sesuai dengan deadline. Sampai saya terpikir, apakah saya perlu membawa pecut agar mereka sesuai dengan waktunya? 😀

Berikut adalah 3 aplikasi yang bisa membantu Anda menentukan nilai proyek dengan hitungan per-jam:

Freelance Switch Hourly Rate Calculator

freelanceswitch hourly rate calculator

freelanceswitch hourly rate calculator

Freelance Switch sebagai salah satu blog freelancer terbesar saat ini yang dikelola oleh Envato Network, telah membuat rumusan menghitung nilai proyek untuk para freelancer di seluruh dunia dengan hitungan per-jam.

SPONSORED: Alat Peraga Pendidikan

Langkah-langkah yang dilalui untuk menghasilkan hitungan harga/per-jam, Anda harus memasukan berbagai macam kriteria pemasukan dan pengeluaran Anda. Langkah pertama: memasukan kalkulasi pengeluaran bisnis Anda, kedua: kalkulasi pengeluran personal Anda, ketiga: berapa waktu yang Anda habiskan untuk bekerja, liburan, sakit, dan yang terakhir keempat: berapa banyak Anda menabung dalam 1 tahun, maka dari sini akan keluar hasil yang ideal hitungan harga/jam Anda.

freelancetipster – My Hourly Rate Calculator

freelance tipster my hourly rate calculator

freelance tipster my hourly rate calculator

Freelancetipster membuat langkah untuk mengetahui nilai atau harga per-jam Anda dalam 5 langkah. Langkah-langkah pemasukan data tidak berbeda jauh dengan Freelance Switch lakukan, yaitu seperti tipe bisnis, gaji per-tahun, waktu yang digunakan, pengeluaran, dan keuntungan yang ingin diraih.

Astuteo – Web Development Project Estimator

web development project estimator

web development project estimator

Web Development Project Estimator adalah aplikasi yang cukup mudah bagi web desainer dan developer untuk mengestimasi dengan cepat waktu dan material yang diperlukan dalam pembuatan suatu situs. Untuk menggunakannya, masukan nama proyek dan default harga perjam Anda lalu antisipasi waktu untuk mengetahui total estimasi waktu proyek. Ketika selesai, Anda akan melihat nilai harga estimasi proyek Anda dan Anda dapat langsung menyimpannya dalam format PDF atau dicetak langsung. Mudah bukan? 🙂

Jadi ada baiknya Anda tentukan terlebih dahulu biaya waktu perjam Anda melalui Freelance Switch Hourly Rate Calculator atau My Hourly Rate Calculator, lalu Anda akan mendapatkan estimasi nilai proyek Anda.

Bagimana dengan Anda? apakah Anda mempunyai cara perhitungan yang lain atau yang dapat diimplementasikan di Indonesia khususnya?

Share pengalaman Anda dan Update ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    @joandifebrio: cara perhitungan itu untuk semuanya mas, joomla hanya sebagian kecil jobdesk saja. Jadi siapa saja dapat memakainya walaupun dia terjun di berbagai macam peluang freelance, asalkan dihitung dengan menggunakan harga perjam-nya

  2. says

    Well.. so far saya bergerak di bidang desain cetak dan saya full klien asal indonesia.. Salut pada bidang tetangga saya Desain Interior yang (setau saya) perhimpunannya di Indonesia sudah menetapkan tarif pokok dan seragam bagi semua desainer interior.. Tapi di bidang grafis dab web desain kok saya rasa belum ada.
    Pengalaman saya dalam memasang tarif adalah dengan banyaknya acc, berapa desain alternatif, kerumitan desain, berapa banyak diproduksi, dan yang semuanya harus dijelaskan dengan klien dengan baik heheheh.. Nah baru deh kita perang harga.. Ciaaaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *